Katakan dengan Indah

Laboratorium Komunikasi Grafis Fikom Unisba

Apa itu Desain Grafis ?

poster-ind1Kita sering melihat papan reklame atau billboard di jalan-jalan. Kita sering melihat poster ditempelkan di dinding. Kita sering melihat brosur disebarkan di lampu merah. Kita sering melihat majalah, koran, atau buku. Kita juga pasti sering melihat desain yang unik-unik pada TShirt yang dijual di distro-distro.

Apa yang kita lihat pada kejadian di atas, pada dasarnya adalah gambar visual yang menarik, sehingga kita sadar akan apa yang kita lihat. Para pembuat gambar visual tersebut juga sadar bahwa mereka harus dapat menampilkan sesuatu yang indah dan bagus untuk menarik khalayak. Jika kita perhatikan, kesemuanya itu berujung pada desain grafis. Nah, apa itu desain grafis?

Secara etimologis, desain grafis bisa di uraikan sebagai berikut.
Desain merupakan pemecahan masalah dengan satu target yang jelas (Archer, 1965)
Desain adalah suatu proses, atau kegiatan dalam rangka menghasilkan suatu produk yang baru yang berbentuk rancangan (purnarupa).
Desain, berasal dari bahasa Itali artinya Gambar (Jervis, 1984)
Grafika berasal dan kata graphikos (Yunani), yang berarti goresan, baik tulisan maupun gambar.

Pengertian Istilah
Istilah Desain Grafis mengacu pada proses dari bekerja dengan kata-kata dan gambar untuk menciptakan solusi dari permasalahan komunikasi visual.
Desain grafis adalah suatu proses kreatif yang memanfaatkan seni dan teknologi untuk mengomunikasikan gagasan.
Desain grafis adalah suatu proses menciptakan suatu pesan baru yang terdiri dari teks dan ilustrasi pada segala permukaan.
Komunikasi Grafis adalah proses penyampaian pesan melalui gambar visual, yang biasanya terdapat pada permukaan yang datar. Sarana komunikasi grafis tertua berupa gambar. Gambar merupakan unsur grafis yang paling mudah terbaca.
Pada awalnya, media desain grafis hanya terbatas pada media cetak dwi matra. Namun perkembangannya kini justru merambah ke dunia multimedia (diantaranya audio video).

Istilah Desain Komunikasi Visual di Indonesia
Gert Dumbar, seorang desainer grafis Belanda memperkenalkan istilah semiotika dan komunikasi visual di FSRD ITB. Menurutnya, desain grafis tidak hanya menangani desain untuk percetakan tetapi juga moving image, display dan pameran. Sejak tahun 1979, istilah desain komunikasi visual mulai dipakai menggantikan istilah desain grafis.

Desain Komunikasi Visual erat kaitannya dengan penggunaan tanda-tanda (signs), gambar (drawing), lambang dan simbol, ilmu dalam penulisan huruf (tipografi), ilustrasi dan warna yang kesemuanya berkaitan dengan indera penglihatan.
Proses komunikasi disini melalui eksplorasi ide-ide dengan penambahan gambar baik itu berupa foto, diagram dan lain-lain serta warna selain penggunaan teks sehingga akan menghasilkan efek terhadap pihak yang melihat. Efek yang dihasilkan tergantung dari tujuan yang ingin disampaikan oleh penyampai pesan dan juga kemampuan dari penerima pesan untuk menguraikannya.

Sumber :
1. Quentin Newark, What is Graphic Design?, RotoVision, 2002
2. Agus Sachari dan Yan Yan Sunarya, Sejarah dan Perkembangan Desain & Kesenirupaan di Indonesia, Penerbit ITB, 2002
3. Hazel Conway, Design History, Routledge, 1995

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 13, 2009 by in artikel, Desain Grafis and tagged , , .
%d bloggers like this: