Katakan dengan Indah

Laboratorium Komunikasi Grafis Fikom Unisba

Bekerja dengan Photoshop

Pengenalan Format File yang digunakan pada Photoshop

Sebagai salah satu program aplikasi yang sangat powerfull, photoshop telah banyak digunakan oleh para professional untuk membuat dan memanipulasi gambar, baik untuk keperluan media percetakan, internet, maupun elektronik. Keunggulan dan kekuatan photoshop terletak antara lain pada kemudahan, fasilitas, dan fleksibilitasnya.

Sebelum memulai photoshop, ada baiknya kita memahami dulu beberapa konsep teori yang akan digunakan dalam bekerja dengan photoshop.

Format File
Format file menentukan bagaimana informasi data dipresentasikan dalam suatu file. Informasi tersebut meliputi ada tidaknya kompresi, program aplikasi (fitur) yang didukung, penggunaan enkripsi dan lain-lain. Tiap format file memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing.
Format file dapat dikenali dengan melihat nama file yang diakhiri titik dan diikuti dengan tiga atau empat huruf terakhir, seperti .doc, .txt, .html, .jpeg, .bmp, dan sebagainya. Format file yang sering digunakan dalam photoshop:

  1. Bitmap (.bmp) adalah format standar file raster pada sistem operasi Windows. Biasanya mempunyai ukuran file yang relatif besar.
  2. GIF (Graphics Interchange Format) menggunakan maksimal 8 bit warna (256) pada gambar dan melakukan kompresi dengan LZW compression yang merupakan kompresi tipe loseless (tidak ada data yang dibuang). Sifatnya dapat menjadi lossy compression jika ada informasi warna pada gambar yang hilang. Format GIF mendukung gambar transparan dan animasi.
  3. JPEG / JPG (Joint Photographic Experts Group) menggunakan 24 bit warna (16 juta) dan melakukan kompresi dengan cara membuang data pada gambar (bersifat lossy compression). Semakin kecil file yang diinginkan, semakin banyak data yang akan dibuang sehingga kualitas gambar akan semakin menurun. Format JPEG tidak mendukung transparansi dan animasi.
  4. PNG-8 menggunakan 8 bit warna, kurang kompatibel oleh browser, tetapi biasa mempunyai hasil kompresi yang lebih kecil dari format GIF. Bedanya dengan GIF, format PNG bersifat bebas paten.
  5. PNG-24 menggunakan 24 bit warna, hamper sama dengan PNG-8 tetapi mempunyai ukuran yang lebih besar dan warna yang lebih banyak.
  6. PDF (Portable Document Format) sering digunakan untuk keperluan dokumen lintas sistem operasi dan lintas program aplikasi dengan ukuran file yang relatif kecil. File PDF ada dua jenis, yaitu Photoshop PDF yang hanya dapat menyimpan gambar dalam satu image atau satu halaman saja, dan Generic PDF yang dapat menyimpan banyak halaman. Adobe Acrobat dan Illustrator dapat digunakan untuk membuat Generic PDF.
  7. PSD adalah format standar yang digunakan oleh Photoshop untuk membuat dan memanipulasi file. Photoshop versi yang lebih baru kadang mempunyai fitur yang tidak didukung oleh versi lamanya. Jika file PSD hasil manipulasi Photoshop versi baru kemudian diedit pada versi lama, fitur yang tidak didukung akan dibuang (discarded).

Nah, format yang sering digunakan dalam Photoshop adalah format PSD dan JPEG.

2 comments on “Bekerja dengan Photoshop

  1. Agus Suhanto
    October 14, 2009

    thanks e atas postingnya yg bagus…
    kenalkan sy Agus Suhanto

    • labgrafis
      October 15, 2009

      salam kembali… terima kasih.. kita masih dalam pengembangan.. mudah2an ke depan bisa lebih banyak informasi yang kita bagi… mohon masukannya ya…. dan sebarluaskan alamat blog ini biar dapat terus berkembang… hatur nuhun..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 14, 2009 by in artikel, Photoshop and tagged , , .
%d bloggers like this: